Pengertian dan Macam - Maacam Database

October 21, 2012

Macam-Macam Database

 Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Sebagai contoh sederhana dari database adalah buku telepon yang mungkin sering Anda lihat.Bagaimana halnya dengan database dengan sistem database dengan menggunakan komputer? Hal tersebut sama saja seperti database yang sifatnya manual (seperti contoh buku telepon di atas) hanya saja dengan adanya komputer maka informasi yang ada di dalam database akan sangat mudah untuk di-update dan sangat cepat untuk dicari. Software atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut dengan DBMS (Database Management System).

Ada banyak sekali aplikasi DBMS ini mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe. Contoh-contoh dari aplikasi database engine misalnya seperti:

1.MySQL
MySQL ( My Structure Query Language ) atau yang biasa dibaca “mai-se-kuel” adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source dan berjalan di semua platform baik Windows maupun Linux. Selain itu, MySQL juga merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Banyak Pengguna).Sebagai sebuah program penghasil database, MySQL tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya sebuah aplikasi lain (interface ). Oleh karena itu harus ada software pendukung antara lain PHP ( Paper Hipertext Preposesor), Visual Delphi, Visual Basic, Cold Fusion, dan lain-lain. MySQL memiliki layer utama seperti layer DOS yaitu memiliki prompt utama yang disebut mysql, tetapi sekarang ada suatu program dump yang dibuat seperti web berjalan di bawah server database yang disebut PhpMyAdmin. Untuk memprogram database lewat prompt harus paham dan hafal mengenai perintah query tetapi dengan PhpMyAdmin pengaksesan akan terasa singkat dan lebih mudah karena sudah ada grafik interface yang memudahkan dalam pembuatan database serta pengaksesan perintah-perintah Query.

 2.Microsoft SQL
Server Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar. Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering.

 3.ORACLE
Oracle adalah relational database management system ( RDBMS ) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang memiliki kesan yang negatif terhadap Oracle . Keluhan - keluhan yang mereka lontarkan mengenai Oracle antara lain adalah terlalu sulit untuk digunakan , terlalu lambat , terlalu mahal , dan bahkan Oracle dijuluki dengan istilah “ora kelar -kelar ” yang berarti “tidak selesai - selesai ” dalam bahasa Jawa . Jika dibandingkan dengan MySQL yang bersifat gratis , maka Oracle lebih terlihat tidak kompetitif karena berjalan lebih lambat daripada MySQL meskipun harganya sangat mahal. Kegunaan ORACLE:
o Melindungi dari kegagalan server , kegagalan situs , kesalahan manusia , dan mengurangi downtime.
o Mengamankan Data yang memungkinkan sesuai dengan row- level keamanan yang unik , auditing halus , transparan enkripsi data, dan total recall data .
o High -data kinerja pergudangan , pengolahan analitik online, dan data mining .
o Mudah mengelola seluruh siklus hidup informasi bagi database terbesar .
o Bisnis Konsolidasi aplikasi grid ke database yang cepat , handal dan scalable.
o Memaksimalkan ketersediaan data dan menghilangkan redundansi data center idle .
o Mempercepat kinerja dengan mengompres data ke partisi storage yang murah .
o Aman melindungi informasi dan data yang akurat.
o Menggandakan DBA produktivitas dan mengurangi risiko perubahan.
o Oracle Database Memperkenalkan Mesin Exadata X 2 -8 .
o Oracle lebih mudah dalam mengelola DB 2 dan SQL Server.
o Data Biaya – Efektif Pencegahan Kebocoran Dimulai pada Sumber.
o Tingkatan yang dicapai : Dunia mencatat kinerja dan harga yang baik.
o Kompresi kolumnar hibrida dengan kompresi data sebesar 10-15 kali .
o Pemindaian data terkompresi unutk eksekusi pencarian lebih cepat .
o Indeks penyimpanan untuk mengurangi lebih jauh I /O disk. Pembebanan proses pencarian pada penyimpanan dengan menggunakan Smart Scan.
o Aplikasi- aplikasi yang dijalankan pada Mesin Database Sun Oracle dapat mencapai satu juta I /O .
o Operasi per Detik pada Flash Storage

4.FoxBase
Aplikasi pengolah file yang berjalan di sistem operasi DOS. FoxBase memiliki serangkaian aturan dan metode yang hamper mirip dengan program dBase, namun memiliki feature lebih banyak.

5.SQL Embedded
Embedded SQL adalah metode menggabungkan kekuatan komputasi dari bahasa pemrograman dan kemampuan manipulasi database SQL. Embedded SQL pernyataan adalah pernyataan SQL yang ditulis inline dengan kode sumber program bahasa inang. SQL tertanam pernyataan diurai oleh preprocessor SQL tertanam dan digantikan oleh host- bahasa panggilan ke perpustakaan kode. Output dari preprocessor kemudian dikompilasi oleh compiler tuan rumah. Hal ini memungkinkan programmer untuk menanamkan pernyataan SQL dalam program yang ditulis dalam sejumlah bahasa seperti: C / C + +, COBOL dan Fortran. ANSI SQL standar komite mendefinisikan SQL tertanam standar dalam dua langkah: formalisme yang disebut Bahasa Modul didefinisikan, maka embedded SQL standar berasal dari Modul.

6.SQL Lite
SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C . SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp. Tidak seperti pada paradigma client-server umumnya, Inti SQLite bukanlah sebuah sistem yang mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program, melainkan sebagai bagian integral dari sebuah program secara keseluruhan. Sehingga protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggilan API secara langsung melalui bahasa pemrograman. Mekanisme seperti ini tentunya membawa keuntungan karena dapat mereduksi overhead, latency times , dan secara keseluruhan lebih sederhana. Seluruh elemen basisdata (definisi data, tabel, indeks, dan data) disimpan sebagai sebuah file. Kesederhanaan dari sisi disain tersebut bisa diraih dengan cara mengunci keseluruhan file basis data pada saat sebuah transaksi dimulai.

7.Postgtres SQL
PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle . PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain. PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data”.

You Might Also Like

0 comments