Penjelasan Termodinamika dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari

September 27, 2016

Termodinamika berasal dari bahasa yunani thermos = 'panas' dan dynamic = 'perubahan'. Dari kedua kata tersebut dapat disimpulkan Termodikimia berarti perubahan atau pergerakan energi panas. Adapun penjelelasan dari Termokimia adalah salah satu dari cabang kimia dan fisika yang mempelajari hal tentang kalor energi yang berkaitan dengan reaksi kimia atau perubahan bentuk/fisik. suatu reaksi kimia bisa melepaskan ataupun menerima kalor/panas.


Salah satu contoh proses termodikimia adalah es didalam gelas yang menyebabkan terjadi pengembunan diluar gelas, padahal terpisahkan oleh medium gelas (glass) yang memisahkan permukaan luar dan permukaan dalam. Proses timbulnya air pada permuakaan gelas itu menandakan adanya suatu sistem yang terjadi pada perstiwa ini, sistem yang terjadi adalah bahwa udara yang ada di sekeliling gelas mengandung uap air dimana udara disekeliling(lingkungan) lebih tinggi dari pada udara dalam gelas. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas.

Kemudian contoh kedua adalah Termos, Pada alat rumah tangga tersebut terdapat aplikasi hukum termodinamika dengan sistem terisolasi. dimana tabung bagian dalam termos yang digunakan sebagai wadah air, terisolasi dari lingkungan luar karena adanya ruang hampa udara di antara tabung bagian dalam dan luar. Oleh sebab itu, pada termos tidak terjadi perpindahan kalor dari sistem menuju lingkungan maupun sebaliknya.

You Might Also Like

0 comments