Tizen, OS Smartphone yang Mulai Booming selain Android OS

October 26, 2016

Image from www.tizen.org
Berbicara tentang system oprasi smartphone pada saat ini, kita tentu sudah mengetahui bahwa Android OS adalah sistem oprasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna smartphone diseluruh dunia, salah satu perusahaan raksasa smatphone yang menggunakan Sistem Oprasi Android adalah Samsung, Namun belakangan ini Samsung merilis Smartphone tipe baru dengan seri “Z”. dimana pada seri tersebut , smartphone ini menggunakan sIstem oprasi baru yang disebut dengan Tizen OS.


Tizen OS merupakan sistem operasi yang memakai inti program (kernel) Linux, dimana system oprasi ini bersifat terbuka (open source) sehingga penggunanya dapat mengubah kode-kode pada sistem sesuai dengan keinginan dan kebutuhan agar memperoleh kinerja yang diinginkan. Saat ini Tizen menjadi proyek besar bagi organisasi Linux Foundation bersama perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan yakni Samsung dan salah satu produsen prosesor ternama Intel. Bukan hanya untuk smartphone saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan perangkat elektronik lainnya..

Tizen pertama kali dibuat pada tahun 2012.Kemudian untuk Smartphone pertama Tizen yang dibuat oleh Samsung adalah seri Z1 yang dirilis pada Januari 2015 lalu di India. Kepercayaan Samsung pada Tizen karena menilai OS besutan Linux tersebut paling ringan di antara sistem operasi lainnya. Tizen memungkinkan pemakaian memori dan tenaga prosesor yang lebih sedikit.

Dikutip dari kompas.com, perwakilan Samsung mengatakan "Keuntungan dari Tizen sangat sederhana: Tizen lebih 'ringan' dari sistem operasi lain. Dengan kata lain, Tizen membutuhkan tenaga pemrosesan dan memori yang lebih sedikit," .

Selain lebih ringan dari sistem oprasi lain, kemampuan lain dari Tizen OS adalah:
  1. Mengusung Browser HTML 5
  2. Dapat Menjalankan Aplikasi Android
  3. Dapat Digunakan Pada Gadget atau perangkat elektronok(perangkat multimedia) Lain, seperti: PC,SmartTV, kamera, kendaraan dan lain-lain lain.
  4. Mendukung Aplikasi Pihak Ketiga seperti JavaScrip, CSS, HTML5, Native dan Hybrid.
Setelah berhasil menuai kesuksesan Samsung Z1 di pasar India, kini SAMSUNG merilis merilis tipe terbarunya yaitu Samsung Z2 dengan kisaran harga 900 Ribu rupiah dan Samsung Z3 dengan kisaran harga 1.8 Juta Rupiah. Dengan harga yang murah tersebut bisa dikatkan samsung akan selalu menjadikan pasar ponsel kelas menengah bawah menjadi bagian terpenting mereka dalam proses pemasaran ponsel pintar buataannya.

You Might Also Like

0 comments